Monday, January 5, 2015

Golongan Manusia menurut al-Ghazali

Pada dasarnya keilmuan manusia bisa dibagi atas 4 kelompok besar, yaitu
1. Rojulun Yadri wa Yadri Annahu Yadri { Seseorang yang Tahu (berilmu), dan dia Tahu kalau dirinya Tahu}
kelompok ini adalah kelompok paling istimewa, karena ini adalah kelompok orang alim yang tahu akan kealimannya, sehingga mampu mengaplikasikan dan bermanfaat bagi masyarakat ilmunya. 
2. Rojulun Yadri wa Laa Yadri Annahu Yadri { Seseorang yang Tahu (berilmu), tapi dia Tidak Tahu kalau dirinya Tahu}
Kelompok ini sebenarnya berilmu, tapi tidak bisa mengamalkan ilmunya, karena dia tidak tahu kalau berilmu, kelompok oral seperti ini diumpamakan pohan yang tidak berbuah. 
3. Rojulun Laa Yadri wa Yadri Annahu Laa Yadri { Seseorang yang Tidak tahu (tidak atau belum berilmu), tapi dia Tahu alias sadar diri kalau dia Tidak Tahu}
Kelompok ini adalah kelompok yang sadar diri bahwa dirinya tidak berilmu atau tidak tahu, sehingga orang-orang dikelompok ini sangat bersemangat untuk belajar, para pelajar harus punya sikap seperti kelompok ini, karena bisa memotivasi dirinya untuk menjadi tahu.
4. Rojulun Laa Yadri wa Laa Yadri Annahu Laa Yadri { Seseorang yang Tidak Tahu (tidak berilmu), dan dia Tidak Tahu kalau dirinya Tidak Tahu}
kelompok terakhir ini merupakan kelompok yang paling buruk, sudah tidak tahu dan tidak mencari tahu, bahkan kadang-kadang bersikap sok tahu atau tidak mau tahu alias masa bodoh.

No comments:

Post a Comment